PROPOSAL PENELITIAN
Judul : EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI
PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL
BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI
POKOK CARA MAHLUK HIDUP MENYESUAIKAN DIRI DENGAN LINGKUNGAN DI MIN WONOKETINGAL KARANGANYAR DEMAK
Penulis : M. Afifun Na’im
NIM : 0103513054
Program Studi : S2 Pendidikan Dasar
Konsentrasi IPA
A.
Latar Belakang Masalah
1.
Ilmu pengetahuan alam (IPA)
merupakan pelajaran eksak yang mengutamakan pandangan dan pemikiran ilmiah,
realistik dan logis. Pada pembelajaran IPA peserta didik diarahkan untuk
menumbuhkan kemampuan berfikir, bekerja dan bersikap secara ilmiah sehingga
mampu memahami alam sekitar sebagai lingkungan hidupnya.
2.
Proses pembelajaran harus
berlangsung dalam suasana yang menyenangkan dan mengesankan. Pelajaran tidak
hanya bersifat intelektual, melainkan juga bersifat emosional. Kegembiraan
belajar dapat mempertinggi hasil belajar. Pengintegrasian permainan ke dalam
pembelajaran bukan tidak mungkin merupakan strategi yang dapat menciptakan
suasana yang menyenangkan bagi peserta didik.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apakah Penggunaan strategi
pembelajaran Talking Stick Berbantuan CD Pembelajaran dapat menjadi
lebih efektif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran
IPA materi pokok cara mahluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan di MIN
Wonoketingal?
2.
Seberapa besar efektivitas
penggunaan strategi pembelajaran Talking Stick Berbantuan CD
Pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas V pada mata
pelajaran IPA materi pokok cara mahluk hidup menyesuaikan diri dengan
lingkungan di MIN Wonoketingal?
C.
Tujuan dan Manfaat
Penelitian
1.
Tujuan
Tujuanyang ingin dicapai
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas strategi
pembelajaran Talking Stick berbantuan CD Pembelajaran terhadap hasil
belajar kognitif peserta didik kelas V pada mata pelajaran
IPA materi pokok cara mahluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan di MIN Wonoketingal
2.
Manfaat
Ø
Bagi guru di MIN Wonoketingal
Mendapatkan pengalaman
pengelolaan pembelajaran baru yang dapat menggugah
motivasi serta minat peserta didik sehingga mendapatkan hasil belajar yang
optimal serta meningkatkan
kualitas pembelajaran dan profesionalitas guru.
Ø
Bagi pihak MIN Wonoketingal
Menambah perangkat pembelajaran sehingga dapat membantu menciptakan
suasana belajar yang kondusif guna meningkatkan mutu belajar di Madrasah
Ibtida’iyah (MI).
Ø
Bagi Peneliti
Memberikan pengalaman
lapangan mengenai penggunaan variasi pembelajaran sehingga mendapatkan strategi
yang tepat dalam pengelolaan pembelajaran.
D.
Kerangka Teoritik
1.
Belajar
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara etimologis belajar memiliki
arti berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Definisi ini memiliki pengertian
bahwa belajar adalah sebuah kegiatan untuk mencapai kepandaian atau ilmu.
2.
Pembelajaran
Menurut H.H, Stern “Learning is a general concept which refers to
modifications and adaptation of organisms to their environment”. Ungkapan
ini menjelaskan bahwa pembelajaran adalah sebuah konsep umum yang mengarah ke
perubahan dan adaptasi organisasi terhadap lingkungannya.
3.
Hasil Belajar
Kognitif
Hasil belajar kognitif adalah hasil belajar yang berkaitan dengan
kemampuan peserta didik dalam berpikir, yang mencakup kemampuan intelektual
yang lebih sederhana, yaitu mengingat, sampai pada kemampuan memecahkan
masalah.
4.
Strategi
Pembelajaran Talking Stick
Talking Stick termasuk salah satu model pembelajaran
kooperatif. Model pembelajaran ini dilakukan dengan bantuan tongkat,
siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah
peserta didik mempelajari materi pokoknya.
Kelebihan pada strategi ini diantaranya
adalah :
a.
menguji kesiapan peserta didik
dalam pembelajaran
b.
melatih peserta didik memahami
materi dengan cepat
c.
memacu agar peserta didik lebih
giat belajar (belajar dahulu sebelum pelajaran dimulai)
d.
Peserta didik berani mengemukakan
pendapat
Sedangkan kelemahan strategi ini diantaranya membuat senam
jantung, membuat peserta didik
tegang, ketakutan akan
pertanyaan yang akan diberikan
oleh guru.
5.
CD Pembelajaran
CD (compact disc) yaitu penyimpanan informasi gambar dan suara
pada piringan (disc). Sedangkan CD pembelajaran yaitu gambar bergerak yang
disertai dengan unsur suara yang ditayangkan sebagai sarana untuk menyampaikan
materi pembelajaran.
6.
Materi Cara Mahluk
Hidup Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan
Materi ini termuat dalam standar kompetensi 3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan
diri dengan lingkungan serta kompetensi dasar 3.1 Mengidentifikasi penyesuaian
diri hewan dengan lingkungan tertentu
untuk mempertahankan hidup 3.2 Mengidentifikasi
penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
E.
Rumusan Hipotesis
Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah pembelajaran
dengan menggunakan strategi pembelajaran Talking Stick berbantuan CD
pembelajaran efektif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas V mata
pelajaran Fikih materi pokok mengenal makanan atau minuman yang halal dan haram
di MIN Wonoketingal, Karanganyar, Demak tahun pelajaran 2012/2013.
F.
Metode Penelitian
1.
Jenis Penelitian
Jenis
penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) kuantitatif yang dilaksanakan dengan
menggunakan metode eksperimen, Pada
kelas eksperimen digunakan strategi pembelajaran Talking Stick berbantuan
CD pembelajaran, sedangkan kelas kontrol digunakan
pembelajaran konvensional.
2.
Tempat Penelitian
Tempat
penelitian ini dilaksanakan di MIN Wonoketingal, Kecamatan Karanganyar,
Kabupaten Demak.
3.
Populasi dan Sampel
Penelitian
• Populasi
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari objek/subjek yang mempunyai kualitas dan
karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti yang dipelajari kemudian
ditarik kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V
MIN Wonoketingal.
• Sampel
Sampel adalah bagian dari jumlah yang dimiliki oleh populasi. Sampel
dalam penelitian ini melibatkan 2 kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas
eksperimen. Kelas eksperimen disini adalah kelas V A dan kelas V B sebagai
kelas kontrol.
4.
Variabel dan indikator
Penelitian
Variabel penelitian ada dua
yaitu variabel bebas dan variabel terikat:
} Variabel bebas (independent variabel)
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Talking
Stick berbantuan CD pembelajaran. Dalam penelitian ini variabel bebas
mempunyai indikator penggunaan tongkat dan CD Pembelajaran dalam pembelajaran.
} Variabel terikat (dependent Variabel)
Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA,
meliputi hasil ujian tengah semester dan hasil ulangan harian materi pokok
mengenal makanan atau minuman yang halal dan haram dengan indikator nilai hasil
belajar IPA setelah dikenai strategi pembelajaran Talking Stick berbantuan CD pembelajaran pada kelas
eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol (post-test)
5.
Pengumpulan data Penelitian
a.
Metode Pengumpulan Data
· Metode Tes
· Metode Dokumentasi
b.
Alat
Pengumpulan Data
·
Persiapan Uji Coba Soal
ü Materi
ü Bentuk Tes
ü Pembuatan tes
·
Pelaksanaan Uji Coba Soal
·
Analisis Perangkat Tes Uji Coba
ü Analisis Validitas
ü Analisis Reliabilitas
ü Analisis Tingkat Kesukaran
ü Analisis Daya Pembeda
6.
Analisis Data Penelitian
Ø Analsis Tahap Awal Penelitian
· Uji Normalitas
· Uji Homogenitas
· Uji Kesamaan Dua Rata-Rata
Ø Analisis Tahap Akhir Penelitian
· Uji Normalitas
· Uji Homogenitas
·
Uji Perbedaan Dua Rata-Rata (Uji
Pihak Kanan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar